Selamat Datang di Blog TARJUM SAHMAD : Ragam Kesehatan
Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat. Asam urat sejatinya merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya adalah makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Selain makanan, kita juga bisa berisiko mengalami penumpukan sama urat di dalam darah jika mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Risiko terkena penyakit asam urat juga tinggi bagi orang-orang yang sedang menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan jenis tertentu, misalnya niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi.

Sedangkan jika dipandang sebagai bentuk komplikasi, penyakit asam urat berisiko tinggi dialami oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

Terlepas dari keempat faktor pemicu di atas, penyakit asam urat juga diduga masuk ke kelompok penyakit turunan alias penyakit genetik. Ini artinya mereka yang memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Menurut penelitian, proporsi dari risiko ini adalah 20 persen.

Lebih sedikitnya jumlah perempuan yang terkena penyakit asam urat dibandingkan laki-laki kemungkinan terkait dengan kondisi menopause. Setelah perempuan mengalami menopause, kadar asam urat dapat meningkat dan mulai merasakan gejala-gejala penyakit asam urat.

Terlepas dari faktor-faktor di atas, ada juga sebagian orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka, namun tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada sendi-sendinya. Selain itu, di antara sebagian orang yang memiliki kadar asam urat yang sama pun, tingkat kerentanan mereka akan berbeda-beda. Mengenai hal tersebut, hingga kini belum ada penjelasan yang pasti.

30 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Asam urat disebabkan karena dalam makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung zat purin. Zat purin adalah zat yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti daging, buah-buahan dan sayur-sayuran. Asam urat dapat juga diartikan sebagai sisa kandungan makanan yang telah kita konsumsi, biasanya penyakit ini menyerang orang usia lanjut. Sama dengan Kolesterol, asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal.

Untuk menghindari asam urat, dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang dapat memicu berlebihnya asam urat di tubuh. Penyebab asam urat paling tinggi salah satunya adalah dari makanan yang wajib di hindari.

Pantangan asam urat paling mematikan yang harus anda hindari adalah sebagai berikut

  1. Jeroan
  2. Makanan laut
  3. Kopi
  4. Bir
  5. Alkohol
  6. Minuman bersoda
  7. Ikan yang diasinkan

Untuk lebih detil kita akan membahas mengenai berbagai jenis makanan yang berbahaya untuk asam urat ini. Berikut ini, terdapat jenis makanan penyebab asam urat yang mengandung banyak zat Purin :

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

  1. Daging merah
  2. Kalkun
  3. Jeroan sapi
  4. Hati sapi
  5. Daging domba
  6. Dada ayam dan kulit ayam
  7. Daging ayam
  8. Daging angsa
  9. Lidah sapi
  10. Daging kuda
  11. Daging bebek
  12. Hati Ayam
  13. Ikan bandeng
  14. Ikan Haring
  15. Udang
  16. Lobster
  17. Kerang
  18. Ikan kakap
  19. Asparagus
  20. Kangkung
  21. Biji melinjo
  22. Kacang Hijau
  23. Mete
  24. Kedelai
  25. Kornet sapi
  26. Ikan Kering
  27. Minuman manis
  28. Ragi
  29. Roti Manis
  30. Tempe

Tentang Penyakit Asam urat

Fungsi asam urat sebenarnya adalah bertindak sebagai zat antidioksidan dalam tubuh, untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Asam urat adalah hasil dari proses metabolisme tubuh, namun jika fungsi ginjal tidak bekerja maksimal, akan terjadi kelebihan asam urat.

Beberapa tanda-tanda Asam Urat yang dapat dirasakan adalah:

  1. Bagian tubuh sering merasa linu terutama di persendian dan terjadi selama beberapa hari.
  2. Biasanya linu ini disertai dengan pembengkakan pada lengan dan bagian persendian.
  3. Pada bagian lengan biasanya terasa nyeri, misalnya di jari tangan dan dan jari kaki
  4. Jika sudah parah seseorang akan sulit bergerak dan merasakan kesakitan di persendian.

Kelebihan asam urat inilah yang menyebabkan munculnya gejala lain seperti persendian yang linu. Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan peradangan yang akan membentuk kristal asam urat dan menumpuk pada persendian. Pada keadaan inilah seseorang mengalami peradangan sendi akibat kristal asam urat tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan disini adalah bukan makanan penyebab asam urat ini, tapi proses normal dari setiap makanan yang dikonsumsi. Masalahnya terletak pada ginjal yang tidak bekerja dengan baik. Jika ginjal tidak berfungsi maksimal, maka sisa metabolisme dari sumber makanan di atas akan berubah menjadi asam urat yang berbahaya.

Demikian penjelasan mengenai Asam Urat , dari artikel ini bisa disimpulkan inti dari Asam Urat yg semestinya bermanfaat bagi tubuh menjadi berbahaya jika kadarnya sudah tinggi, Toxin [Limbah] menjadi penyebab utama.

Asam Urat terkait dengan Darah yg harus bebas toxin dan Sendi, jika Darah telah bersih dari toxin dan kondisi sendi telah sehat maka asam urat akan kembali normal.

Membersihkan Darah dari Toxin bisa dengan Liquid Chlorophyll Synergy dan kesehatan sendi dengan Joint Formula serta Noni Plus sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan ginjal.



Erwin
Konsultan Detox
More info Hubungi sekarang juga ke 0815.9222.650










Selamat Datang di Blog TARJUM SAHMAD : Ragam Kesehatan Lainnya
Suka jalan kaki tiap hari...
Suka jalan kaki tiap hari...
Jum'at, 18 Maret 2016 15:05 WIB
Siapa yang suka jalan kaki tiap hari...
6 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan
6 Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan
Senin, 14 Maret 2016 16:35 WIB
Agar jantung berfungsi dengan baik dan terhindar dari serangan jantung, anda bisa mengonsumsi ProArgi-9+ ® 1-2 sachet per hari.
Keperkasaan dan Kepercayaan Diri Seorang Pria
Keperkasaan dan Kepercayaan Diri Seorang Pria
Senin, 06 Juni 2016 12:35 WIB
Keperkasaan atau kejantanan pria bukan sekedar masalah fisik dan biologis, tapi menyangkut emosi dan kepercayaan diri. Saya tak bermaksud mengagungkan seksualitas, hanya berusaha memahami tentang salah satu kebutuhan dasar seorang pria.
“Detox Itu Apaan Sih?"
“Detox Itu Apaan Sih?"
Kamis, 19 Mei 2016 17:35 WIB
Obrolan Santai Tentang Detox di Kedai Kopi. Inilah asyiknya jika berbisnis dengan pendekatan produk. Obrolan tentang produk bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, termasuk saat santai di kedai kopi.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya TARJUM SAHMAD Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 085221074133 atau melalui:.

Hubungi Saya